0

ESSAY TANTANGAN DALAN DUNIA IT DI INDONESIA (THE CHALENGE OF DIGITAL WORLD)

on 17.54

Teknologi Informasi adalah istilah umum yang menjelaskan teknologi apa pun yang membantu manusia dalam membuat, mengubah, menyimpan, mengomunikasikan dan/atau menyebarkan informasi. Teknologi Informasi (TI) menyatukan komputasi dan komunikasi berkecepatan tinggi untuk data, suara, dan video. Contoh dari Teknologi Informasi bukan hanya berupa komputer pribadi, tetapi juga telepon, TV, peralatan rumah tangga elektronik, dan peranti genggam modern (misalnya ponsel). [1]
 Kemampuan komputer selalu meningkat setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Dalam hal penggunaan Internet. Penggunaan internet di Indonesia telah mencapai 45 juta pengguna berdasarkan data dari Kementrian Kominfo tahun lalu, sementara telepon selular pun tumbuh sangat pesat dan saat ini mencapai 180 juta pelanggan atau 80% penduduk Indonesia. Di bidang social media, pengguna Facebook di Indonesia mencapai 33 juta, dan menempati peringkat nomor 2 di dunia setelah Amerika. Sementara itu, pengguna Twitter di Indonesia sebanyak 6,24 juta, berdasarkan data pada September 2010.
Berdasarkan data diatas dapat disimpulkan bahwa keberadaan teknologi sangat berpengaruh dalam kehidupan bangsa Indonesia. Sayangnya dalam penggunaanya bangsa Indonesia sendiri masih belum bisa memaksimalkan penggunaan media-media teknologi yang sudah ada tersebut guna memajukan dan mensejahterakan bangsa ini. Jika dilihat dari kenyataan yang ada pertumbuhan ekonomi di Indonesia baik, tetapi pertumbuhan tersebut lebih didorong oleh konsumsi saja. Hal ini membuat kita lebih menjadi penikmat keringat orang luar negeri. Akibatnya, penciptaan lapangan kerja di Indonesia masih terbatas dan angka kemiskinan pun masih tinggi. Di bidang teknologi hal ini terjadi produk yang kita nikmati kebanyakan adalah produk impor terutama dari Jepang dan China. Meskipun sebenarnya juga masih ada beberapa orang Indonesia yang mampu menciptakan teknologi terbaru.
Berikut hal-hal yang merupakan tantangan dalam dunia IT [2]:
Bagaimana mengefisiensi penggunaan hardware untuk menghasilkan suatu alat dalam IT ? karena sisa dari hardware yang telah rusak akan menimbulkan sampah dan mengganggu kehidupan masyarakat.
Bagaimana mengatur pembatasan akses penggunaan jaringan internet dalam masyarakat ? misalnya pada anak-anak tidak boleh membuka situs-situs yang berisi tentang pronografi.
Bagaimana memberi pengajaran tentang pentingnya internet pada masyarakat golong menengah ke bawah ? golongan menengah ke bawah biasanya memiliki usaha sebagai petani. Sebenarya untuk petani pun penting untuk mengerti internet. Karena mereka bias mengakses daftar harga pasar dunia mengenai barang yang mereka hasilkan.
Bagaimana menghemat penggunaan kapasitas penyimpanan memory pada computer ? karena saat ini setiap computer memiliki kapasitas minimal 80 gb. Dan masih banyak yang lebih dari 1 tera.
Bagaimana meningkatkan kecepatan akses internet di Indonesia ? karena di Negara-negara lain kecepatan internet jauh lebih besar di bandngkan di Indonesia. Seperti di Korea Selatan Korea Selatan telah lama dinobatkan sebagai negara dengan koneksi internet tercepat di dunia. Penetrasi pengguna internet di negeri Ginseng itu sangat tinggi, 94% masyarakat Korea Selatan terkoneksi dengan internet cepat. Pemerintah Korea Selatan berjanji akan memberi akses internet 1 Gigabyte per detik kepada warganya, pada akhir tahun 2012. [3]
Sebenarnya masih banya lagi perkembangan dalam dunia IT yang perlu untuk diperhatikan untuk perkembangan zaman kedepan. Diatas merupakan salah satu dari banyak masalah dalam dunia IT (The Chalenge of Digital World). Setelah kita menemukan beberapa masalah dalam dunia IT maka solusi yang akan diambil untuk mengatasi hal tersebut yaitu :
Untuk Bagaimana mengefisiensi penggunaan hardware untuk menghasilkan suatu alat dalam IT ?  yaitu dengan menggunakan teknologi mikro chip. Teknologi mikri chip yaitu teknologo yang menggunakan alat dengan minimal mungkin dan dapat menghasilkan alat semaksimal mungkin. Jadi, teknologi cocok untuk dikembangkan di masa mendatang.
Pertanyaan selanjutnya Bagaimana mengatur pembatasan akses penggunaan jaringan internet dalam masyarakat ? solusinya yaitu dengan membuat suatu alat pemfilter untuk pembatasan pengaksesan internet dalam masyarakat. Misalnya kita meletakkan alat tersebut pada dns, dan kemudian di aplikasikan dalam seluruh Negara Indonesia.
Solusi untuk Bagaimana memberi pengajaran tentang pentingnya internet pada masyarakat golong menengah ke bawah (petani) ?  yaitu dengan mempresentasikan pada masyarakat bermata pencaharian sebagai petani untuk penggunaan internet di bidang pertanian. Terutama untuk menetahui harga pasar dunia tentang hasil pertanian.
Yang berikutnya yaitu Bagaimana menghemat penggunaan kapasitas penyimpanan memory pada computer ? solusi yang terbaik untuk mengatasi ini yaitu dengan membuat sebuat server yang dapat diakses oleh semua orang. Server bekerja dengan menggunakan internet, jadi sebelumnya kita harus menggunakan koneksi internet yang besar.
Di dalam server akan di isi dengan system operasi setiap user, serta berisi aplikasi yang dibutuhkan. Mulai aplikasi dokumen, multimedia, hingga game. Teknologi ini diharapkan dapat diaplikasikan karena memiliki banyak kelebihan. Salah satu kelebihannya yaitu bisa meminimalisasi penggunaan memory yang di pakai user.
Berikut antisipasi untuk menuju perkembangan IT di Indonesia. Agar nantinya dapat diapresiasikan dalam kehidupan masyarakat Indonesia.

[1] Anonymous. 2010. Teknologi Informasi. (http://id.wikipedia.org/wiki/Teknologi_informasi) diakses pada 27 Nopember 2012.
[2] Anonymous. 2011. Tantangan Dalam Dunia IT. (http://iptkj.web.id/Thread-Tantangan-Dunia-IT-di-Indonesia-The-Chalenge-of-Digital-World ) diakses pada 27 Nopember 2012
[3] Kompas. 2012. Negara dengan Koneksi Internet Tercepat di Dunia. (http://tekno.kompas.com/read/xml/2012/09/09/08115652/5.Negara.dengan.Koneksi.Internet.Tercepat.di.Dunia) diakses pada 27 Nopember 2012



0 Comments

Posting Komentar

Copyright © 2009 ICAL Collection All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.